Thursday 12 July 2018



MY HOBBY IS

      Hallo teman - teman semua, terimah kasih telah mengunjungi blog ini setelah sekian lama vakum dari medan tempur :v. Blog ini terakhir kali update pada 12 April 2016, sudah 2 tahun lebih berlalu, hmm lama juga ternyata ya. Baiklah kalo begitu sakarang saya akan berbagi sedikit cerita tentang hobby yang saya sukai, benar setiap orang pasti memiliki hobby nya masing - masing baik hobby yang lumrah digeluti oleh sebagian besar orang maupun hobby yang menurut sebagian besar orang agak nyeleneh, namun kembali lagi ke pribadi orang tersebut, jika mereka memang suka maka mereka tidak akan peduli apa yang orang lain katakan karena bagi mereka itu merupakan hal yang sangat menyenangkan dan belum tentu dapat tertandingin oleh bilangan nominal. Kadang hal tersebut juga pada saya. Iya saya memiliki dua hobi yang saya sukai.

     Hobi saya yang pertama adalah saya sangat suka bermain dengan komputer dan internet khususnya di bidang jaringan,dan microcontroller. Kenapa saya suka hal tersebut, karena dalam bidang tersebut saya dapat praktik langsung menggunakan alat - alat jaringan seperti mengkonfigurasi router, membuat web server,membuat ftp server, dan lain - lain. Dalam dunia jaringan atau bahasa inggirsnya ( networking ) kita juga mempelajari bagaiana satu komputer dengan komputer lainnya dapat terhubung dan bagaimana sebenarnya internet itu bekerja. Jadi sebenarnya internet itu adalah sebuah kumpulan dari banyak komputer di seluruh dunia yang saling terhubung. Agar dapat saling terhubung maka kita memerluan sebuah penyedia jasa layanan internet atau disebut juga ISP ( Internet Service Provider ), jadi isp ini yang akan menjadi gerbang data kita pergi ketujuannya atau saat kita melakukan request di internet, di dalam sebuah isp ini juga terdpat router yang mengatu jalannya paket agar tidak terjadi crash yang menyebabkan jaringan menjadi kacau sekarang ini tersedia beberapa pabriikan router yang tesebar di pasaran seperti

1. Cisco


Sumber gambar https://thehackernews.com/2016/08/cisco-firewall-hack.html
 Image result for ciscoCisco merupakan perusahaan multinasional yang spesifik bergerak di bidang perangkat jaringan. Cisco bermarkan di San Jose California. Cisco didirikan pada tahun 1984 oleh Leonard Bosack dan istrinya Sandy Lerner. Sampai sekarnag merek cisco sukses memasarkan produknya ke seluruh dunia termasuk ke indonesia. Selain memproduksi router Cisco juga memprodoksi perangkat jaringan lain seperti switch,access point, dan perangkat untuk VOIP.


2. Mikrotik

Sumber gambar https://aksanraharjo.wordpress.com/jasa-setting-mikrotik/

Image result for mikrotik
 Mikrotik didirikan oleh John Tully dan Arnis Riekstins pada tahun 1995 di kota riga latvia. Pada awalnya John dan arnis memulai dengan sistem Linux dan MS Dos yang dikombinasikan dengan teknologi WLAN Aeronet berkecepatan 2 Mbps di Maldova. Barulah kemudian melayani lima pelanggannya di latvia. Ada dua varian produk router dari mikrotik yang beredar di pasaran yaitu mikrotik router os dan mikrotik router board. Mikrotik router os adalah paket sistem operasi khusus untuk router yang dapat dijalnkan pada komputer, sedangkan router board adalah perangkat keras router yang sudah jadi dan siap digunakan dalam jaringan internet rumahan maupun instansi. Sama seperti Cisco mikrotik tidak hanya memproduksi router namun juga memproduksi switch,access point, dan perangkat jaringan lainnya.     
            
     Namun dalam praktiknya juga sering dihadapkan pada suatu permasalahan yang beragam tingkat kesulitannya. Namun masalah tersebut justru membuat saya semakin semangat untuk mempelajarinya, rasanya sama seperti bermain video game dimana kalau dalam video game saat kita berhasil menyelesaikan suatu missi dengan tuntas maka rasa senangnya bukan kepalang. Hal tersebut juga terjadi pada saya dimana saat berhasil memecahkan suatu permasalahan maka saya kadang merasa kegirangan sendiri :v. Selanjutnya saya juga memiliki ketertarikan di bidang microcontroller. Apa itu mikrokontroller ?, mungkin masih terdengar asing bagi teman - teman yang baru mendengar, jadi mikrokontroller adalah sebuah sistem komputer fungsional dalam sebuah chip. Di dalamnya terkandung sebuah inti prosesor, memori (sejumlah kecil RAM, memori program, atau keduanya), dan perlengkapan input output. Mudahnya mikrojontroller adalah sebuah alat alektronik yang dapat kita program sesuai dengan apa yang kita inginkan. Menurut saya dengan sebuah microcontroller ini kita bisa membuat semua peralatan yang canggih yang dapat diprogram untuk bekerja secara mandiri tanpa campur tangan manusia. Selain itu kita juga dapat mengandalikan seluruh perangkat di dalam rumah kita hanya dengan sebuah smartphone. Bagaimana suatu hal yang hebat bukan. jadi misalkan suatu saat kita ingin menyalakan lampu namun kita sangat malas untuk beranjak dari tempat duduk karna sedang asik dengan media sosial ?, tidak perlu khawtir karna anda dapat menyalakannya melalui smartphone begitu juga ketika anda ditugaskan menyiram tanaman namun anda tidak suka dengan kegiatan tersebut ?, anda juga bisa melakukannya hanya dengan smartphone. Itu sebabnya microcontroller adalah benda yang sangat luar biasa dan bermanfaat bagi kehidupan masayrakat luas. Jenis mikrokontroller terbagi menjadi dua yaitu :

1. RISC merupakan kependekan dari Reduced Instruction Set Computer. Instruksi yang dimiliki terbatas, tetapi memiliki fasilitas yang lebih banyak.
2. Sebaliknya, CISC kependekan dari Complex Instruction Set Computer. Instruksi bisa dikatakan lebih lengkap tapi dengan fasilitas secukupnya.

Berikut ini adalah keluarga mikrokontroller yang sering digunakan :
1. AVR
Mikrokonktroler Alv and Vegard’s Risc processor atau sering disingkat AVR merupakan mikrokonktroler RISC 8 bit. Karena RISC inilah sebagian besar kode instruksinya dikemas dalam satu siklus clock. AVR adalah jenis mikrokontroler yang paling sering dipakai dalam bidang elektronika dan instrumentasi. Secara umum, AVR dapat dikelompokkan dalam 4 kelas. Pada dasarnya yang membedakan masing-masing kelas adalah memori, peripheral dan fungsinya. Keempat kelas tersebut adalah keluarga ATTiny, keluarga AT90Sxx, keluarga ATMega dan AT86RFxx.

2. PIC
Pada awalnya, PIC merupakan kependekan dari Programmable Interface Controller. Tetapi pada perkembangannya berubah menjadi Programmable Intelligent Computer. PIC termasuk keluarga mikrokonktroler berarsitektur Harvard yang dibuat oleh Microchip Technology. Awalnya dikembangkan oleh Divisi Mikroelektronik General Instruments dengan nama PIC1640. Sekarang Microhip telah mengumumkan pembuatan PIC-nya yang keenam PIC cukup popular digunakan oleh para developer dan para penghobi ngoprek karena biayanya yang rendah, ktersediaan dan penggunaan yang luas, database aplikasi yang besar, serta pemrograman (dan pemrograman ulang) melalui hubungan serial pada komputer.

3. MC S51
Mikrokonktroler ini termasuk dalam keluarga mikrokonktroler CISC. Sebagian besar instruksinya dieksekusi dalam 12 siklus clock. Mikrokontroler ini berdasarkan arsitektur Harvard dan meskipun awalnya dirancang untuk aplikasi mikrokontroler chip tunggal, sebuah mode perluasan telah mengizinkan sebuah ROM luar 64KB dan RAM luar 64KB diberikan alamat dengan cara jalur pemilihan chip yang terpisah untuk akses program dan memori data. Salah satu kemampuan dari mikrokontroler 8051 adalah pemasukan sebuah mesin pemroses boolean yang mengijikan operasi logika boolean tingkatan-bit dapat dilakukan secara langsung dan secara efisien dalam register internal dan RAM. Karena itulah MCS51 digunakan dalam rancangan awal PLC (programmable Logic Control). 

     Selain hobi diatas saya juga memiliki satu lagi hobi yang sering dianggap orang lain aneh. Iya orang sering menganggap hobi saya yang ini aneh. Karena saya senang mengumpulkan plat nomor kendaraan baik dari dalam negri maupun luar negri, walaupun koleksi saya belum terlalu banyak dikarenakan susahnya mencari plat nomor tersebut. Namun saya terus berusaha mencarinya. Menurut saya plat nomor memiliki suatu ciri khas yang tidak dimiliki benda lain. Plat nomor ini dapat benar - benar menggambarkan bagaimana suasana kehidupan masyarakat di tempat asalnya dan dapat menggambarkan bagaimana keadaan jalanan di negara asalnya. Sejauh ini saya berburu melalui situs jual beli online dan melalui teman - teman di media sosial.
     Mungkin sekian update hari ini saya harap ini bisa bermanfaat bagi teman - teman semua.




Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

0 comments:

Post a Comment